Senin, 04 Maret 2019

Sterilisasi Alat dengan AUTOCLAVE

Autoclave merupakan alat yang digunakan untuk sterilisasi peralatan dan bahan (yang digunakan dalam mikrobiologi) dengan menggunakan uap bertekanan tinggi. Tekanan yang digunakan sekitar 15 psi atau 2 atm dengan suhu 121°C  (250°F) dengan waktu sterilisasi 15 menit.

Autoclave berfungsi untuk sterilisasi media pembiakan, bahan dan alat yang tidak rusak dengan pemanasan dan tekanan tinggi, serta untuk destruksi media pembiakan. Tipe autoclave ada banyak, namun memiliki prinsip dasar penggunaan yang sama.

Cara Penggunaan Autoclave

  1. sebelum melakukan sterilisasi, sebaiknya cek terlebih dahulu keadaan banyaknya air di dalam autoclave, pastikan tinggi air dalam autoclave sesuai dengan tanda jumlah atau tinggi air autoclave.
  2. air yang digunakan adalah air destilasi atau aquades untuk mencegah terbentuknya kerak atau karat
  3. masukkan alat dan bahan yang akan disterilisasi. jika mensterilisasi tutup botol berulir, maka tutup botol harus dikendurkan
  4. tutup autoclave dengan rapat, kemudian baut pengaman dikencangkan supaya tidak ada uap yang keluar dari bibir autoclave, tapi jangan kencangkan klep pengaman terlebih dulu.
  5. autoclave dinyalakan, diatur timer dengan waktu minimal 15 menit pada suhu 121°C 
  6. ditunggu sampai air mendidih dan uapnya memenuhi kompartemen autoclave serta terdesak keluar melalui klep pengaman. kemudian klep pengaman ditutup dan ditunggu hingga waktu sterilisasi selesai. penghitungan waktu 15 menit dimulai sejak tekanan mencapai 2 atm
  7. jika telah sterilisasi telah selesai, ditunggu terlebih dahulu hingga tekanan didalam kompartemen turun hingga sama dengan tekanan di lingkungan (jarum pada pressure gauge menunjuk angka 0)
  8. klep pengaman dibuka, dan keluarkan alat dan bahan yang disterilisasi dengan hati-hati

Untuk lebih jelasnya mari kita saksikan tautan video penggunaan alat sterilisasi autoclave dibawah ini! ☺


secara teori





secara praktek





Tidak ada komentar:

Posting Komentar