Jumat, 21 Desember 2018

Spermatophyta (Tumbuhan Berbiji)

Tumbuhan berbiji atau spermatophyta (Yunani, sperma: biji, phyton: tumbuhan) meliputi semua tumbuhan berpembuluh yang bereproduksi secara generatif dengan membentuk biji. Di dalam biji (seed), terdapat calon individu baru (embrio sporofit atau lembaga) beserta cadangan makanan (endosperma) yang terbungkus oleh lapisan pelindung. Endosperma terbentuk setelah penyerbukan yang diikuti oleh pembuahan.

Ciri-ciri spermatophyta:

  1. umumnya bersifat fotoautotrof
  2. sebagian besar memiliki klorofil. 
  3. sebagian besar hidup di darat dan beberapa jenis hidup di air
  4. spermatophyta yang hidup di darat dapat tumbuh di tanah, epifit di pohon, atau parasit pada tumbuhan lainnya
  5. tubuh dapat dibedakan dengan jelas antara akar, batang, dan daun (disebut juga cormophyta)
  6. ukuran tubuh bervariasi dari beberapa sentimeter (contoh rumput-rumputan) hingga ratusan meter (contoh redwood; Sequoiadendron giganteum dan Sequoia sempervirens)
  7. bentuk tubuh dapat dibedakan atas semak, perdu, pohon, dan liana

Tumbuhan berbiji yang kita lihat merupakan generasi sporofit (2n). Sementara generasi gametofit (n) sudah tereduksi dan terikat pada sporofitnya atau dikelilingi oleh jaringan sporofit. Bentuk sporofit tumbuhan berbiji memiliki akar, batang, dan daun. Akar dapat berbentuk serabut atau tunggang. Batang ada yang berkambium, dan ada yang tidak berkambium. Daun memiliki bentuk dan ukuran yang bervariasi. Tulang daun berbentuk lurus, menyirip, atau menjari. Tumbuhan berbiji memiliki pembuluh angkut, baik xilem maupun floem, pada akar, batang, dan daunnya.

Spermatophyta memiliki alat perkembangbiakan generatif berupa strobilus atau bunga. Strobilus dimiliki oleh Gymnospermae (tumbuhan berbiji terbuka), sedangkan bunga dimiliki oleh Angiospermae (tumbuhan berbiji tertutup)

Berdasarkan letak bakal biji atau bijinya, spermatophyta dikelompokkan menjadi dua divisi, yaitu:
  • Gymnospermae atau Pinophyta (tumbuhan berbiji terbuka) adalah kelompok tumbuhan yang bakal bijinya tidak terlindungi oleh daun buah (karpel) atau bijinya berada pada bilah-bilah strobilus berbentuk sisik
  • Angiospermae atau Magnoliophyta (tumbuhan berbiji tertutup) adalah kelompok tumbuhan yang bakal bijinya terlindungi oleh daun buah. Daun buah merupakan ovarium (megasporofil) yang sudah matang dan dindingnya menebal atau berdaging


Referensi:
Irnaningtyas. 2003. Biologi Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar